Langsung ke konten utama

RESUME 6 BLOGGER TERNAMA DI WORDPRESS

Ceritanya nih mama Pipin kan masih ikut diklat online belajar menulis, Mama akan ulas sedikit yaak.. kali ini bapak Bambang Purwanto, S.Kom.,Gr atau biasa kita panggil Mr. Bams adalah sosok narasumber kita pada pertemuan ke 6 kawan. Beliau ini keren loh, seorang guru yang beken, blogger ternama,  seorang pegiat Literasi dan pendongeng juga. Mr. Bams bisa menirukan suara seorang motivator ternama Bapak Mario Teguh, bikin mama jadi kagum diam-diam, ciiieee ^_^… dan Mr. Bams ini lucunya beliau plesetkan namanya sendiri menjadi Mario Teduh yang artinya Mari Ayo Tenang Dalam Urusan Hidup, meski kalimatnya jenaka dan penuh humor tapi tetap mengandung nilai-nilai penting yang bermanfaat. Jadi kita yang mendengarnya gak bosen gitu. Mr. Bams saat ini menjadi guru di SMP Taruna Bakti. Blognya juga tidak pernah sepi dari postingan yang sangat luar biasa menginspirasi. bikin mama ketagihan untuk membacanya.

Pada kuliah kali ini Mr. Bams berbagi kisah sebagai pengelola wordpress. Perjalanan panjangnya sebagai seorang guru berawal ketika Mr.Bams menjelang lulus SMA pada tahun 1992. Ketika itu Mr. Bams berkunjung ke daerah Ledeng Bandung (read: tempat IKIP/ sekarang UPI), bersama temannya ingin daftar masuk PGSD IKIP. Tapi ternyata, tak disangka Mr. Bams tidak lulus, ealah malah temannya yang Cuma ikut-ikutan malah lebih beruntung lulus PGSD.

Setelah lulus SMA Mr.Bams  tidak melanjutkan kuliah, beliau mengikuti kursus komputer di Bandung selama 3 bulan setiap hari. Sebelum lulus dari tempat kursus Komputer Mr.Bams sudah bekerja di sebuah Konsultan (1992-2000). Ketika bekerja menjadi konsultan Mr. Bams  diterima sebagai tenaga administrasi, mengoprasikan komputer diperusahaan konsultan pemetaan, pernah bekerja di Kemfood (milik Bob Sadino; tahun 2001-2004), pendongeng keliling (2004-2008), konsultan pelatihan (2004-2008). Dan dari tahun 2008 sampai sekarang mengajar di SMP Taruna Bakti.

Mr. Bams memulai membuat blog ketika Mr. Bams bekerja di SMP Taruna Bakti. Di tahun 2009 Mr. Bams selain menjadi guru diminta untuk membimbing ekskul blog memakai akun multipy. Hingga pada akhirnya multiply tidak bisa dipakai lagi kemudian berpindah hati ke wordpress dan berjodoh dengan wordpress bukan blogspot.

Mr. Bams ngeblog karena beliau senang dengan dunia tulis menulis. Karena sejak tahun 2003 beliau dengan profesinya sebagai pendongeng menuntutnya harus banyak membaca buku. Pada tahun 2011 beliau membuat Taman Baca di rumahnya sendiri. Kemudian sejak tahun 2012 Taman Baca sudah memiliki tempat mandiri dan terletak tidak jauh dari Taman Baca. Label penggiat Literasi melekat pada Mr. Bams sejak tahun 2011, saat itu Mr. Bams kenal seorang penulis hebat Balada si Roy (penulis rumah dunia yakni taman bacaan yang keren) yaitu dengan Gol A Gong

Dari hobinya beliau menulis diblog dan berbagi ilmu, beliau berhasil menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Kisah guru ngblog di wordpreess”. Buku kisah guru ngblogg  berisi pengalaman-pengalaman selama membuat blog. Buku ini bisa menjadi cambuk kita untuk membuat dan meiliki blog.

Pesan dari Mr.Bams: karena Menulis adalah Ivestasi waktu, tenaga dan pikiran maka lakukan apa yang mau dan bisa dilakukan. Karena banyak orang yang bisa tapi tidak mau melakukan. Bermodallah mau maka menjadi bisa. Mahir bisa dilatih, yang bisa latihan hanya orang yang mau berlatih. Kita bukan untuk menjadi orang hebat tapi jadilah orang yang bermanfaat. Semoga menjadi orang yang bermanfaat kapanpu, dimanapu dan dengan siapapun. Aamiin..semoga pesan dari Mr.Bams ini bisa menginspirasi ya sobat!!!

Jadi kesimpulannya tantangan guru saat ini sangat luar biasa maka membiasakan menulis adalah bagian dari keterampilan yang harus diperhatikan. Maka buatlah blog yang dikelola dengan sepenuh hati hadirkan jiwa dan raga dalam tulisan itu. Berbagilah kebaikan dengan cara apapun (termasuk media blog). Karena setiap orang punya potensi yang luar biasa maka galilah dan kembangkanlah.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketombe...? Siapa takut..!!

Kalau kalian baca judulnya pasti ingat iklan shampoo d tv kan.. Namanya juga iklan, pastilah produknya di unggulin. Ternyata ini bukan cuma masalah nasional.. mendunia loh.. buktinya Mama juga punya masalah yang sama, kalian juga kan..?? ketombean..!! yuppss.. tapi itu dulu.. Mama sampe mencoba bermacam-macam shampoo dan ramuan tradisional..  dari yang murah sampe yang paling muaahal  ngikut iklan. Pernah ada yang nyaranin, pake blimbing wuluh atau jeruk nipis.. Hasilnya perih iya.. ketombe bukannya kabur malah semakin beranak.. Saking perihnya Mama jadi pengen nyanyi "kumenangiiiiss.. membayangkan betapa kejamnya dirimu atas diriku.." Baper kan.. heheh.. Sebenarnya ketombe gak mengganggu sih.. Cuma pas keringetan kepala kita jadi guaatal banget.. digaruk keras enak kali cuma kadang sampe luka dan perih gitu. Nah.. Kali ini mama punya tips untuk ngilangin ketombe. Tips ini mama dapatkan secara nggak sengaja.. Mau tau..? atau mau tau banget..?? hehehe becanda.. Mama mo cerita

Menang Cacak Kalah Cacak

RESUME 25   Selamat datang kuys, malam ini ketemu lagi dengan mama Pipin dalam kegiatan serupa belajar bersama Om Jay. Pemateri kita   adalah Bapak Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd, beliau pengajar SMP N 1 Wonosari, Gunungkidul, DIY, Indonesia, mengampu mata pelajaran IPA. Lahir di Sleman, 20 Nopember 1976 dari pasangan Bapak Giyono SW dan Ibu Waginem. Masa kecil tinggal di Ngawen, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Pendidikan dimulai di TK Ngawen Trihanggo tahun 1981-1983. Pendidikan dasar dilanjutkan di SD Negeri Jambon II, Trihanggo, Sleman pada tahun 1983-1989. Kemudian melanjutkan di bangku SMP Negeri 5 Yogyakarta pada tahun 1989-1992. Pendidikan Menengah penyelesaian di SMU Negeri 1 Sleman jurusan IPA pada tahun 1992-1995. Pendidikan S1 di Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 1995 – 2002 di Fakultas FMIPA jurusan Pendidikan Fisika. Melanjutkan S2 di Program Pascasarjana UNY jurusan Teknologi Pembelajaran dari tahun 2003-2006. Pada tahun 2006 menikah dengan Dwi Riastuti, M